top of page
  • Writer's pictureJelli gamat

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Infeksi Ginjal


Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Infeksi Ginjal


Apa makanan yg boleh di konsumsi buat penderita infeksi ginjal? Infeksi ginjal atau dalam bahasa medis disebut pielonefritis merupakan peradangan pada ginjal yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksi ginjal ini merupakan komplikasi dari adanya infeksi saluran kemih sebelumnya yang tidak ditangani dengan baik. Beberapa gejala yang ditimbulkan oleh pielonefritis, diantaranya:

  • Nyeri pada punggung bagian bawah

  • Sering buang air kecil dan terasa sakit, terkadang dijumpai urin berwarna seperti cucian daging atau keruh

  • Demam dan menggigil

  • Mual dan muntah

  • Diare

  • Hilang nafsu makan

Apa kah benar penderita infeksi ginjal tidak boleh memakan nasi? Terus apa yang harus penderita infeksi ginjal konsumsi?


Tidak terdapat hubungan antara nasi (karbohidrat) dengan infeksi ginjal (kecuali jika anda menderita diabetes melitus, maka konsumsi nasi memang sebaiknya dibatasi) sehingga tidak masalah jika anda tetap mengonsumsi nasi. Beberapa tips lain yang mungkin bermanfaat, yakni:

  • Pola makan yang sehat, mengurangi konsumsi garam

  • Minum yang banyak, agar mencegah terjadinya dehidrasi

  • Istirahat yang cukup, setidaknya 2 minggu

  • Hindari merokok dan minum-minuman keras

  • Menghindari konsumsi makanan dan minuman kemasan yang mengandung pengawet

Untuk mengetahui jenis makanan yang sesuai dengan anda lebih rinci, berapa kalori yang dibutuhkan sesuai dengan berat badan, disarankan agar anda kembali berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menyesuaikan jenis diet yang sesuai untuk anda dan jika perlu dokter akan menyarankan anda untuk berkonsultasi dengan ahli gizi.


Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Infeksi Ginjal


Berikut ini ada makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal yaitu :


1. Yoghurt Dan Fermentasi Susu


Yoghurt dan fermentasi susu mengandung probiotik dan bakteri sehat yang mendukung percernaan seseorang. Dan mungki probiotik ini bisa melindungi saluran kemih terhadap infeksi.


Susu (Fermentasi) dalam diet anda, misalnya buttermik atau kefir dan pastikan diet harian anda memiliki bhan-bahan tersebut. Susu fermentasi serta yogurt juga memiliki jumlah yang sangat kaya akan protein yang akan membantu untuk mendukung kebangkitan jaringan ramping dan juga akan memperkuat sistem kekebalan tubuh.


2. Berries


Berries kaya dengan antioksida yang bisa membantu tubuh dalam melindungi dari infeksi dalam penyembuhan penyakit. Buah-buahan yang mengandung tanin (zat yang menghambat infeksi) seperti blueberry, lingonberries dan cranberry mungkin juga menawarkan perlindungan terhadap infeksi saluran kemih.


Selain itu, anda bisa mengkonsumsi jus cranberry karena ini bisa membantu dalam mengurangi infeksi ginjal persisten seperti UTI.


3. Biji Kenari


Kenari dan ikan mengandung asam lemak omega-3, yang merupakan lemak sehat untuk mendorong kesehatan jantung dan juga bisa mengurangi peradangan. Menambahkan sumber omega-3 lemak dalam diet akan membantu meringankan dalam mencegah mencegah peradangan pada saluran kemih.


Dan jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, anda harus makan ikan berlemak seperti salmon, halibut, mackerel, tuna albacore, flounder, sarden, walnut, biji rami tanah, dan mnyak kenari, dll secara teratur.


4. Mentimun


Mentimun dapat membantu dalam menghilangkan racun dari tubuh. dan juga sangat baik untuk ginjal dan mudah di cerna.


5. Kacang-Kacangan


Kacang-kacangan memegang banyak vitamin, terutama viamin B, yang dikatakan menjadi senjata penting ketika datang untuk memerangi infeksi ginjal


6. Buah-Buahan Yang Kaya Akan Vitamin B


Buah-buahan yang kaya akan vitamin B dikatakan sangat bermanfaat untuk mengobati infeksi ginjal. Vitamin ini membantu dalam penggelontoran racun keluar dari tubuh seseorang. Buah yang membantu adalah pepaya, pisang dan semangka.


7. Seledri


Seledri merupakan penyedia besar serat dan mengandung kadar yang sangat tinggi dari air serta vitamin C. Kita semua tahu bahwa Vitamin C adalah sumber besar untuk memperbaiki kerusakan jaringan serta meningkatkan kekebalan tubuh.


8. Anggur Merah


Buah anggur merah memiliki banyak flavonoid yang memberikan mereka warna merah. Flavonoid adalah apa yang membantu dalam melindungi Anda terhadap penyakit jantung, karena mencegah oksidasi dan juga mengurangi gumpalan formasi darah.


Dan bagi anda yang mengalami penyakit infeksi ginjal, disini kami punya solusinya. Hanya dengan obat herbal QnC Jelly Gamat yang sudah terbukti aman, ampuh serta berkhasiat yang tinggi.

QnC Jelly Gamat merupakan produk herbal unggulan dari teripang emas, berkhasiat untuk mengobati penyakit infeksi ginjal anda sampai tuntas. Aman tanpa bahan kimia atau efek samping apapun. Keterangan lengkap silahkan baca → Jelly Gamat QnC

4 views0 comments
bottom of page